Mengelola Uang sejak Dini

Mengelola Uang sejak Dini

69
0
SHARE

Orang tua yang baik tak hany berkewajiban memenuhi semua kebutuhan anaknya. Idealnya, mereka juga mengajarkan pentingnya manajemen keuangan buat anak, sedini mungkin. Berikut ini tips agar anak menghargai susah payah orang tua mencari uang.

  1. Catat kebutuhan sehari-hari anak, seperti uang jajan atau transport. Misal, sehari butuh Rp. 5.000,-. Berikan uang untuk pemakaian dua hari, yakni Rp. 10.000,-. Katakana pada anak, uang itu cukup digunakan selama dua hari. Kebutuhan bulanan, seperti buku, jangan diperhitungkan dulu.
  2. Jika uuang itu tidak cukup untuk jjan, jangan marahi. Anak memang belum bisa berhemat. Beri ia pengertian dan beri kembali uang dengan nominal yang sama. Jika kali ini cukup, pujilah anak.
  3. Setelah mengelola uang dua harian, cobalah beri jatah mingguan. Karena nominalnya semakin besar, pasti anak jadi ingin cepat membeli ini dan itu. Latih terus sampai anak bisa menggunakan uang itu sesuai kebutuhan.
  4. Belikan dompet dan tuntunlah agar anak bisa mengambil uang dari dompet seperlunya. Belikan pula celengan untuk menabung sisa uang jatah. Jika perlu, iming-imingi sesuatu, seperti pergi ke mall atau dibelikan mainan kesayangan, jika anak bisa menggunakan jatah sesuai dengan jangka waktu.

Jika hal-hal di atas dilakukan dengan sabar dan telaten, anak akan makin menghargai arti uang, sekecil apapun.

 

Nuryanto, S. 2005. Intisari. Oktober. Hal 192.

SHARE
Previous articleJupiter
Next articleNilai Budaya Islam

LEAVE A REPLY