Metode Campuran Dalam Penelitian

Definisi metode penelitian campuran

a. Metode penelitian campuran melibatkan penggunaan metode kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang penelitian (Fraenkel & Wallen, 2009).

b. Mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan kuantitatif untuk menyelesaikan masalah penelitian (Creswell, 2012).

c. Penggabungan prosedur mengumpulkan dan menganalisis data dengan cara metode kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian (Creswell, 2012).

d. Dengan mengkombinasikan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif (Sugiyono, 2016).

Kesimpulan dalam penggunaan metode campuran dalam penelitian

a. Pencampuran dua metoda untuk satu pertanyaan riset tidak mungkin dilakukan.

b. Cara pandang filosofis yang berbeda dengan istilah metode campuran bukan mencampur metode, melainkan menggunkan dua pendekatan untuk menjawab masing-masing pertanyaan penelitian.

c. Melihat fenomena yang sama, untuk menjawab pertanyaan penelitian tertentu memerlukan metode tertentu yang dipadukan sehingga saling melengkapi.

d. Dalam sebuah laporan riset, pencampuran terjadi untuk menjelaskan fenomena dengan pertanyaan riset bersumber dari sudut pandang filosofis yang berbeda.

e. Setiap pertanyaan tetap menggunakan satu pendekatan dan metode.

Untuk mengetahui paparan lebih lengkap silahkan klik berikut

Leave a Comment