Peran Hutan Mangrove Terhadap Ekonomi

Peran Hutan Mangrove Terhadap Ekonomi

113
0
SHARE
pelestarian mangrove
taman mangrove

Hardiwinoto.com-Hutan mangrove memiliki pengaruh terhadap berbagai sektor ekonomi yaitu; pertanian, perikanan, kelautan, kehutanan, pariwisata, industri dan perdagangan (Bappenas, 2014), yaitu:
a. Pertanian: jika hutan mangrove terpelihara dengan baik maka akan dapat menanggulangi abrasi, oleh karena itu dapat melindungi lahan pertanian.
b. Perikanan: jika hutan mangrove terpelihara dengan baik maka akan dapat menjaga ekosistem dan pembiakan ikan di pantai. Karena hutan mangrove adalah tempat yang paling bagus untuk pemijahan berbagai jenis ikan.
c. Kehutanan: hutan mangrove adalah bagian dari keanegaragaman jenis kayu hutan ang memiliki potensi ekonomi yang baik. Jenis jenis kayu hutan mangrove dapat digunakan bahan bangunan dan bahan bakar industri.
d. Pariwisata: hutan mangrove baik dikembangkan untuk sarana pariwisata. Hal ini sudah banyak diberbagai daerah menggunakan hutan mangrove sebagai sarana pariwisata. Industri: beberapa hasil mangrove dapat digunakan untuk bahan industri yaitu makanan, minuman dan bahan pewarna tekstil.
e. Perdagangan: semua sektor diatas akan meningkatkan peran pada sektor perdagangan.

LEAVE A REPLY