Mengobati Sakit Hati

68
0
SHARE

Sakit hati dapat dialami siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Bila tidak diantisipasi dengan tepat dan cepat, bisa membuat suasana hati dan pikiran sumpek. Rasa sakitnya pun jadi berlarut larut. Tips di bawah ini mudah-mudahan bisa membuat hati Anda yang lagi sumpek kembali lapang.

  1. Singkirkan dulu persoalan yang bikin sakit hati. Ingat saja hal-hal yang menyenangan, semisal prestasi atau keberhasilan-keberhasulan Anda selama ini.
  2. Pergilah ke tempat-tempat menyenangkan atau datangi orang-orang yang bersedia dijadikan tempat curhat Anda.
  3. Bila masih ada yang mengganjal di hati, keluarkan unek-unek dengan melakukan monolog mental di depan cermin atau menuliskannya di buku harian.
  4. Menangislah bila perlu atau menjerit di tempat sunyi. Bisa juga sekedar mengepalkan tinju kuat-kuat, lalu memukulkannya ke udara kosong.
  5. Jika panas di hati mulai mereda, coba ingat-ingat kebaikan atau kelebihan orang yang telah menyakiti hati Anda. Seburuk apa pun manusia, pasti ada kebaikannya.
  6. Pelan-pelan maafkan dan lupkan kejadian yang menyesakkan hati itu.
  7. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kini Anda telah benar-benar dalam kondisi netral dan positif untuk kembali menjalani hidup sehari-hari.

Apri Hadi Y. 2004. Intisari. Desember Hal 192.

LEAVE A REPLY