Injil Barnabas

Injil Barnabas

190
0
SHARE
injil barnabas
rahnip

Injil Barnabas

(Rahnip, 1984)

  1. Pernyataan tentang BARNABAS

“Karena Barnabas itu seorang yang baik, lagi penuh dengan Rohul Kudus dan Iman” (Kisah Rasul Rasul 11:24)

  1. Perintah tenttang BARNABAS

“Barnabas tentang dialah kamu sudah dipesankan, maka jikalau ia dating kepadamu, terimalah dia!” (Kolose 4:10)

  1. Asal-usul tentang BARNABAS

“Adapun Yusuf yang digelar oleh Rasull-Rasul itu Barnabas (yang diterjemahkan artinya Anak Penghiburan) seorang Lewi asal dari Cyperus, itu pun mempunyai sebidang tanah, maka dijualnya dia. Lalu dibawanya uang itu serta dipersembahkan di kaki Rasul-Rasul juga” (Kisah Rasul-Rasul 15:39)

  1. Barnabas memberitakan Injil, kepercayaan sidang jamaah ummat:

“Maka kedengaranlah khabar mereka itu kepada siding jamaat yang di Yerusalem, lalu siding Jamaat itu pun menyuruhkan Barnabar ke Antiochia. Apabila ia sudah tiba, serta nampak anugerah Allah, maka suka citalah ia,lalu dinasehatkanlah sekalian orang itu, supaya tetap niat hati mereka itu berpaut kepada Allah. Karena Barnabas itu seorang yang baik (sholeh), lagi penuh dengan Rohul Kudus dan iman. Maka makin bertambah banyaklah orang berpaling kepada llah” (Kisah Rasul-Rasul 11:22-24)  

  1. Sebagaimana diketahui, St. Barnabas adalah seorang tokoh di antara murid-murid Yesus (Nabi Isa Almasih Putra Maryam). Ia adalah paman dari Markus si Penginjil dan telah mengembara ke seluruh Palestina dari Damaskus ke Caesarea, dari Philipi ke Sinai untuk menyampaikan Injil kepada masyarakat, Jenazahnya ditemukan  dalam suatu kuburan di pulau Kiperus pada tahun keempat Maharaja Zeno (tahun 478 sesudah Masehi), dan satu salinan Injilnya yang ditulis dengan tangannya sendiri, ditemukan di atas jenazahnya. (H. Husein Abubakar Alhabsy Abubakar Basymeleh)
  2. Sejarah mengatakan, sebenarnya ada Injil-Injil yang dilarang Gereja untuk dibaca. Menurut Dr. Sa’ada (seorang Kristen), sejarah menyebutkan bahw aPaus St. Glasius I (dari tahun 492-496 Masehi) yang duduk di singgasana kepausan tahun 492 M mengeuarkan larangan membaca beberpa Kitab, diantaranya Injil Barnabas. (Prof. Abas Zahra)
  3. Ferramino menemukan buku-buku karangan Irrenius yang berisi antara lain suatu risalah yang menentang tulisan-tulisan Rasul Paulus dan penentangan itu di dasarkan atas Injil Barnabas. Terdorong oleh rasa ingin tahu, ia mencari Injil tersebut dan keinginan tersebut dapat tercapai, setelah ia menjadi orang yang terdekat kepada Paus Sixtus V (naik tahta 1885 -1890 M) ia menemukan Injil tersebut di perpustakaan Paus ini, kemudian disimpannya dalam rak rak bukunya dan dipelajarinya. (Dr. White)
  4. Ahli-ahli sejarah sepakat pendapatnya, bahwa naskah yang tertua dari Injil tersebut ialah naskah yang ditulis dalam bahasa Itali, dan ditemukan pada tahun 1709 M oleh seorang penasehat raja Prusia (Jerman) bernama Kremer. Naskah ersebut akhirnya dipindahkan ke Istana Raja di Wiena tahun 1738, bersama-sama dengan isi perpustakaan pokok asal semua naskah-naskah Injil Barnabas yang ditulis dalam berbagai bahasa yang semuanya disalin dari bahasa Itali.

Rahnip. 1984. Terjemah Injil Barnabas. PT. Bina Ilmu. Surabaya.

LEAVE A REPLY